Harga Busi Motor BeAT dan Ciri Motor yang Businya Rusak

Jumat, September 27, 2024

Pernah mengalami motor tiba-tiba mati dan tiba-tiba tidak bisa distarter? Bisa jadi ada masalah pada beberapa bagian motor, salah satunya pada businya. Jika sudah mengarah pada busi, mau tidak mau biasanya harus mengganti busi dengan yang baru, dan tentunya harus tahu cara memilih busi yang bagus dan harga busi untuk motor BeAT.


Kondisi Motor yang Businya Rusak

Ketika motor sudah mengalami kerusakan, tentunya bingung bukan main, apalagi jika sedang dalam perjalanan, karena pasti akan ada drama dorong motor sampai ke bengkel terdekat. Dan biasanya yang menjadi penyebab kerusakannya adalah busi yang sudah soak. Lalu apa saja ciri motor yang businya rusak?

1. Motor Susah Dinyalakan

Pernah mengalami kejadian motor BeAT susah dinyalakan? Berkali-kali dicoba tetapi tidak juga menyala? Bahkan sudah disela manual tetap tidak menyala? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kondisi busi yang rusak dan harus segera diganti. Maka jangan tunggu rusak dan harus segera diganti. Oleh karena itu, segera bawa ke bengkel, cari tahu harga busi motor BeAT yang baru dan pasang ke motor. 

2. Motor Tersendat atau Brebet

Saat di perjalanan kondisi motor brebet atau tersendat dan tidak bisa berjalan mulus? Atau ketika tuas gas ditarik terasa berat? Kemungkinan besar businya kotor atau mengalami masalah. Jika hanya masalah busi kotor, maka cukup dibersihkan dengan cara diamplas. Tapi jika busi sudah lama dan soak, maka harus segera diganti agar motor BeAT bisa kembali berjalan dengan lancar tanpa tersendat. 

3. Suara Mesin Kasar

Suara mesin terasa kasar dan tidak halus? Atau terasa getaran yang tak biasa? Bisa jadi ini diakibatkan dari kerja busi yang tidak normal. Busi yang rusak akan mempengaruhi fungsi silinder pada motor sehingga mesin motor tidak bisa bekerja dengan baik. Alhasil akan menghasilkan suara mesin yang kasar. 

4. Bensin Cepat Habis

Pernah merasakan bensin motor cepat habis daripada biasanya? Jika sebelumnya beli bensin 5 hari sekali, tiba-tiba 3 hari bensin sudah habis. Itu bisa jadi tanda adanya kerusakan pada bagian busi. Kerusakan ini diakibatkan karena percikan api tidak besar sebagaimana biasanya. 

Kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan munculnya endapan kotor pada bagian ujung insulator busi, sehingga percikan api tidak bisa membakar busi dengan sempurna, hal ini akhirnya mengakibatkan penggunaan bahan bakar lebih boros dari biasanya. 

Nah, apabila kamu merasakan hal-hal yang tak nyaman seperti di atas ketika menggunakan motor, segera cek kondisi busi motor BeAT kamu, karena bisa jadi busi motormu sudah kotor atau waktunya ganti baru. Jangan lupa untuk pergi ke Planet Ban terdekat apabila motormu mengalami kerusakan. Kamu juga bisa mengganti busimu motor BeATmu di Plannet Ban juga. 

Jangan khawatir akan digetok harga, karena harga busi motor BeAT di Planet Ban bervariasi sesuai dengan jenisnya. Ada banyak jenis busi yang bisa dipilih dan dibeli dari Planet Ban untuk motor BeAT kamu, dari busi standar, busi iridium, busi platinum, dan ada juga busi racing. Untuk harga termurah bisa memilih busi standar yang memiliki harga berkisar antara Rp 20.000,- hingga Rp 35.000. Jangan lupa juga untuk mengganti busi motor BeAT secara berkala, setidaknya setiap 10.000 km atau sesuai kebutuhan, agar kondisi motor BeAT kamu selalu prima dan nyaman ketika dipakai berkendara. (*)


Referensi:

https://planetban.com/blog/harga-busi-motor-beat-dan-tips-memilihnya

https://kumparan.com/info-otomotif/5-efek-busi-lemah-pada-motor-apa-saja-22T77NLb2vo/full





7 komentar

  1. ternyata perawatan busi motor itu sangat penting ya

    BalasHapus
  2. Walaupun bukan onderdil utama, busi tetap membutuhkan perhatian, penggantian secara rutin tetap diperlukan agar performa motor tetap optimal

    BalasHapus
  3. Sebagai pengguna motor setiap hari, rasanya harus tahu nih soal masalah busi. Jangan sampe ada problem busi, malah dikira ban bocor aja saking nggak paham cirinya (saya banget) hihi.

    BalasHapus
  4. Aku udah lama langganan di Planet Ban, apalagi kalau ganti ban.

    BalasHapus
  5. Busi motor itu kesannya emang agak sepele, tapi juga penting untuk dicek secara berkala.

    BalasHapus
  6. Planet Ban ternyata engga cuma untuk ganti ban yah. Kita juga bisa cek kondisi motor di sini karena mekaniknya ahli. Busi tuh benda kecil yang penting banget loh pada motor.

    BalasHapus
  7. bahas busi motor, jadi ingat dulu aku pernah bawa motor tiba-tiba motornya mogok, pas diperiksa ternyata busi motor yang bermasalah hikss.Sepenting itu ternyata busi motor yaaa

    BalasHapus